Postingan pertamaku...segeeeerrnyaa liat fruit pie ini..cruztnya yang
crunchy, vla nya yang creamy, fruit cocktailnya segaaarrr..
perfectooo..resepnya aku liat di buku 60 resep snack manis & gurih anti
gagal karya bu fatmah bahalwan & tim NCC yg aku beli langsung di markas
besarnya NCC di matraman setelah pulang dari kursus cake dasar disana..selain
itu masih banyak buku karya bu fat dan tim nya lohh ^^
lanjut ke fruit pie nya..ada
bahan yg aku modifikasi. untuk vla, kuning telurnya aku kurangi..yuukk mariii
ini resep nya...FRUIT PIE
by Fatmah Bahalwan
modified by Leoni
BAHAN :
KULIT :
250 g tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
125 g mentega
5 sdm air es
VLA :
500 ml susu cair
100 g gula pasir halus ( kastor )
30 g tepung maizena
5 kuning telur ( aku pakai 2 kuning telur )
1 sdm mentega
1 sdt vanilli ekstrak
TOPPING :
Aneka buah, seperti kiwi, strawberry, anggur yg diiris tipis. bisa juga pake buah kalengan
SIRAMAN : ( DIDIHKAN SEMUA BAHAN )
1 sdt agar-agar bubuk putih
100 ml air
1 sdt gula pasir
CARA MEMBUAT :
1.
KULIT : campur semua bahan kulit. uleni
hingga menjadi adonan liat. gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil yg
telah diolesi margarin tipis. tusuk tusuk bagian bawahnya pakai garpu agar pie
tidak menggembung. panggang hingga matang pada suhu 180 derajat celcius selama
kurang lebih 20 menit. angkat dan keluarkan dari cetakan.
2.
VLA : cairkan tepung maizena dengan
sebagian susu. masukan kuning telur,aduk rata. sisihkan, rebus susu dan gula
hingga mendidih. masukan larutan tepung maizena dan kuning telur aduk cepat, biarkan
hingga mendidih kembali. angkat dan sisihkan. tambahkan mentega dan vanilli
ekstrak, aduk.
3.
PENYELESAIAN : isi mangkuk pie dengan vla, hias
dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening. biarkan dingin.
4. Jadiiiiiii deeehhh...
nyuuumiiiiii
Enak banget kue yang satu ini, dibawa buat bekal pipi ke kantor dan dibagikan ke teman-temannya. Alhamdulillah kata pipi semua suka dan bilang enak.. senaaangnyaaaa ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar