Kamis, 01 Mei 2014

PIE BUAH


Postingan pertamaku...segeeeerrnyaa liat fruit pie ini..cruztnya yang crunchy, vla nya yang creamy, fruit cocktailnya segaaarrr.. perfectooo..resepnya aku liat di buku 60 resep snack manis & gurih anti gagal karya bu fatmah bahalwan & tim NCC yg aku beli langsung di markas besarnya NCC di matraman setelah pulang dari kursus cake dasar disana..selain itu masih banyak buku karya bu fat dan tim nya lohh ^^
lanjut ke fruit pie nya..ada bahan yg aku modifikasi. untuk vla, kuning telurnya aku kurangi..yuukk mariii ini resep nya...

FRUIT PIE 
by Fatmah Bahalwan
modified by Leoni

BAHAN :


KULIT :


250 g tepung terigu serbaguna

1/2 sdt garam
125 g mentega
5 sdm air es

VLA :


500 ml susu cair

100 g gula pasir halus ( kastor )
30 g tepung maizena
5 kuning telur ( aku pakai 2 kuning telur )
1 sdm mentega
1 sdt vanilli ekstrak

TOPPING :


Aneka buah, seperti kiwi, strawberry, anggur yg diiris tipis. bisa juga pake buah kalengan


SIRAMAN : ( DIDIHKAN SEMUA BAHAN )

1 sdt agar-agar bubuk putih

100 ml air 
1 sdt gula pasir


CARA MEMBUAT :

1.         KULIT : campur semua bahan kulit. uleni hingga menjadi adonan liat. gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil yg telah diolesi margarin tipis. tusuk tusuk bagian bawahnya pakai garpu agar pie tidak menggembung. panggang hingga matang pada suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. angkat dan keluarkan dari cetakan.

2.         VLA : cairkan tepung maizena dengan sebagian susu. masukan kuning telur,aduk rata. sisihkan, rebus susu dan gula hingga mendidih. masukan larutan tepung maizena dan kuning telur aduk cepat, biarkan hingga mendidih kembali. angkat dan sisihkan. tambahkan mentega dan vanilli ekstrak, aduk.

3.         PENYELESAIAN : isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening. biarkan dingin.

4.         Jadiiiiiii deeehhh... nyuuumiiiiii

          Enak banget kue yang satu ini, dibawa buat bekal pipi ke kantor dan dibagikan ke teman-temannya. Alhamdulillah kata pipi semua suka dan bilang enak.. senaaangnyaaaa ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar